Sabtu, 30 April 2016

Pengertian Bound Morpheme dalam bahasa inggris

Apa itu Bound Morpheme?

Hai Sobat SoBIO? ketemu lagi ya.. jangan bosen kunjungin Sekolah Bahasa Inggis Online alias Sobio ini


Pengertian Bound Morpheme dalam bahasa inggris


Nah, sebelum tahu apa itu Bound Morpheme ada baiknya kalian tahu dulu apa itu Morpheme yang sudah saya jelaskan secara gamblang (Klik Disini)

nah sekarang waktunya untuk membahas Bound Morpheme. Ketika kita dihadapkan pada jenis morpheme ini maka kita akan lebih mudah mengetahui dan memahami arti Morpheme yang satu ini. 

Baiklah akan kami jelaskan secara mudah dan gamblang, bound morpheme yaitu morpheme yang tidak dapat berdiri sendiri (cannot stand alone word), umumnya bound morpheme ini adalah imbuhan baik itu sufixes atau prefixes.


Bound Morpheme bisa dikategorikan menjadi 2 bagian yaitu Derivational Morpheme dan Inflectional Morpheme.

1. Derivational Morpheme

Derivational Morpheme adalah morpheme yang dapat membentuk kata baru yang terkadang makna (meaning) dan kelas katanya (part of speech) bisa mengalami perubahan. Derivational Morpheme ini masih terbagi lagi menjadi 2 bagian yang dijabarkan sebagai berikut


a. Derivational prefix (awalan), seperti im-possible (tidak mungkin)b. Derivational suffix (akhiran), seperti Brief-ly (dengan singkat)

Kata impossible adalah kata yang mempunyai awalan “im”, dengan asal katanya adalah possible (adjective). Penambahan awalan “im” ini mengakibatkan perubahan makna yang signifikan dari kata dasarnya (dari kata "mungkin" menjadi "tidak mungkin"). Sedangkan kelas katanya sama, keduanya adalah adjective.

Demikian pula yang terjadi dengan kata briefly yang mengandung akhiran “ly”, dan berasal dari kata Brief (kelas:adjective). Penambahan suffix "ly" ini mengakibatkan perubahan makna. Namun teruntuk example yang kedua ini, kata briefly mengalami perubahan kelas dari kata Brief yang berkelas: adjective menjadi Briefly yang berkelas: Adverb


b). Inflectional Morpheme


nah lanjut ke Inflectional Morpheme. Inflectional morpheme ini tidak bisa membentuk sebuah kata baru, Makna dan kelas katanya pun tidak mengalami perubahan yang berarti. 

Contoh : 
kata Learn menjadi learned atau learnt. kata tersebut masih berarti belajar dan kelas katanya tidak berubah yaitu "verb". begitu pula dengan kata book menjadi books. kata tersebut masih berarti buku dan tidak merubah kelas kata book yang tetap berkelan Noun

Related keywords: Free Morpheme

Nah jangan lupa untuk kunjungi kami lagi di artikel berikutnya ya... salam....

0 komentar:

Posting Komentar